The Next Normal in Construction (Part 2) Model Konsep Ecosystem / Life Cycle Masa Depan 9 Pergeseran Nilai Industri Konstruksi

​Bisnis yang akan berkembang sampai dengan 2035 Menurut survey  yang dilakukan McKinsey & Company Management consulting company Berdasarkan grafik, bisnis yang akan berkembang pesat setelah Covid-19 sampai dengan sekitar tahun 2035 adalah sebagai berikut :

1.       Real Estate (Hotel, Resort, Rumah Sakit, dll)

2.       Infrastructure (Jalan, Bandara, Jembatan, dll)

3.       Industrial (Pabrik-pabrik, dll)

 Model Konsep Ecosystem /Life Cycle Konstruksi Masa Depan

​Secara garis besar dengan model konsep Ekositem perubahan dari konvensional ke manufacture assembly maja terjadi 9 pergeseran nilai di sector industri konstruksi

1. PENDEKATAN BERBASIS PRODUK DAN MODULAR  di masa depan, peningkatan pangsa bangunan dan layanan di sekitarnya akan dikirimkan dan dipasarkan sebagai "produk" standar. Ini termasuk pengembang yang mempromosikan dengan desain standar dapat disesuaikan yang dapat meningkat dari satu generasi produk ke generasi berikutnya, dan pengiriman menggunakan elemen termodulasi dan komponen standar yang diproduksi di pabrik di luar lokasi. Modul dan elemen akan dikirim dan dirakit di lokasi. Produksi akan terdiri dari proses seperti jalur perakitan di lingkungan yang aman dan tidak ramah dengan tingkat pengulangan yang besa

2. SPESIALISASI  BIDANG USAHA untuk meningkatkan margin dan tingkat diferensiasi mereka, perusahaan akan mulai mengkhususkan diri dalam target dan segmen (seperti perumahan mewah keluarga tunggal, bangunan tempat tinggal bertingkat, rumah sakit, atau pabrik pengolahan SPAM PLTA water Sector ) di mana mereka dapat membangun keunggulan kompetitif. Dan mereka akan berspesialisasi dalam menggunakan berbagai bahan, sub-bagian, atau metode konstruksi. Pergeseran menuju spesialisasi juga akan mengharuskan perusahaan untuk mengembangkan dan mempertahankan pengetahuan dan kemampuan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif mereka.

3. KONTROL RANTAI NILAI DAN INTEGRASI DENGAN RANTAI PASOKAN BASIS INDUSTRI  dengan rantai pasokan tingkat industri. Perusahaan akan pindah untuk memiliki atau mengendalikan kegiatan penting di sepanjang rantai nilai, seperti desain dan rekayasa, manufaktur komponen pilih, manajemen rantai pasokan, dan perakitan di tempat. Perusahaan akan dapat mencapai ini tujuan melalui integrasi vertikal atau aliansi strategis dan kemitraan dengan menggunakan kontrak kolaboratif dan insentif yang lebih selaras. Teknologi digital akan mengubah model interaksi: model BIM

4. BRANDING DAN PELANGGAN-SENTRIS— yaitu, mengubah pengembangan, teknik, atau jasa konstruksi menjadi produk atau solusi yang mudah              dipasarkan dan spesialisasi dalam industri, memiliki merek yang menarik yang mewakili atribut dan nilai khas organisasi akan menjadi lebih penting. Seperti               dalam industri konsumen tradisional, branding  yang kuat dapat mengikat pelanggan lebih dekat dengan produk perusahaan konstruksi atau pemasok dan                membantu membangun dan mempertahankan hubungan dan menarik pelanggan baru. Mirip dengan merek di industri manufaktur lain, merek konstruksi tersebut akan mencakup, antara lain aspek, kualitas produk dan layanan, nilai, waktu pengiriman, keandalan, penawaran layanan, dan jaminan.

5. KONSOLIDASI  SEGMEN UNGGULAN PRODUCT tumbuhnya kebutuhan akan spesialisasi dan investasi dalam inovasi — termasuk penggunaan bahan baru, digitalisasi, teknologi dan fasilitas, dan sumber daya manusia — akan membutuhkan skala yang jauh lebih besar daripada yang umum dewasa ini. Ketika pendekatan berbasis produk, dengan standarisasi dan pengulangan yang lebih tinggi, semakin meningkatkan pentingnya skala peningkatan, industri ini cenderung semakin melihat tingkat konsolidasi yang signifikan, baik di dalam bagian-bagian tertentu dari rantai nilai maupun di seluruh rantai nilai.

6. INVESTASI PADA TEKNOLOGI  DAN FASILITAS menyiratkan kebutuhan untuk membangun pabrik di luar lokasi, yang membutuhkan investasi di pabrik, mesin dan peralatan manufaktur (seperti robot untuk mengotomatisasi manufaktur)

7. INVESTASI SUMBER SAYA MANUSIA Investasi dalam sumber daya manusia. Inovasi, digitalisasi, kontrol rantai nilai, penggunaan teknologi, dan spesialisasi di segmen pengguna akhir semuanya meningkatkan pentingnya pengembangan SDM

8. MENSTANDARISASI SEMUA PRODUCT MENUJU STANDARD INTERNASIONAL

9. SUSTAINABILITY/KEBERLANJUTAN pengembangan product berbasis Green building dan ramah Lingkungan


Disruptive change is coming  ke industri konstruksi, dan itu akan memengaruhi setiap segmen rantai nilai. Pendapatan dan nilai tambah akan didistribusikan kembali, dalam beberapa kasus secara dramatis.Gangguan telah dimulai dan hanya akan meningkat di tahun-tahun mendatang, dan krisis COVID-19 telah menciptakan urgensi utama untuk bertindak — dan bertindak tegas. investor, dan pembuat kebijakan sama-sama perlu meningkatkan skala dan kecepatan tanggapan mereka dan memastikan mereka berdiri di sisi kanan transformasi yang akan menciptakan pemenang baru